Laman

Senin, November 19, 2012

Orang Desa Berani Melek Digital untuk Startup Business

Teknologi sudah merambah kepelosok negeri.  Seperti pada zaman perkembangan teknologi sekarang, hampir semua kehidupan manusia tergantung pada teknologi. contohnya saja dengan kehadiran teknologi digital yang semakin mempermudah kita di dalam melaksanakan pekerjaan kita. Sebelum kehadiran teknologi digital ini kita masih menggunakan teknologi analog yang masih bersifat manual atau belum bekerja secara otomatis sehingga penggunaan teknologi masih belum praktis Sudah begitu banyak teknologi digital  yang dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia.  

Teknologi digital dapat bersifat komersial atau  public. Teknologi digital dapat menghubungkan ratusan ribu jaringan yang berbeda di lebih dari 200 negara di seluruh dunia dalam hitungan detik. Hampir 600 juta orang yang bekerja dalam ilmu pengetahuan, pendidikan, pemerintah, dan bisnis menggunakan Teknologi digital  untuk pertukaran informasi atau melaksanakan transaksi bisnis dengan organisasi lain di seluruh dunia.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia sudah terlihat dengan adanya internet yang hampir digunakan oleh seluruh orang Indonesia.  Mulai dipergunakan untuk ngeblog, mencari info, membaca berita, sosial media, dan yang akhir-akhir ini lagi booming adalah bisnis online.  Bisnis online bisa di katakan sangat sangat menguntungkan, karena kita bisa promosi besar-besaran lewat blog maupun lewat sosial media secara Gratis!

Sekarang ini teknologi digital bukan hanya untuk kalangan menegah atas. Penduduk desa terpencil pun sudah mengenal  dan merasakan teknologi digital. Penduduk desa tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya handphone, komputer atau laptop. Perangakt diatas apabila didiukung dengan layanan internet akan mempermudah dalam mencari informasi atau layanan. Apalagi ditambah dengan layanan internet yang merakyat. Sungguh menjadi suatu perkembangan yang melesat apalagi dibidang e-commerce

Orang desapun sudah banyak yang melakukan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital yang dinamakan dengan e-commerce.  Banyak pula petani yang melakukan transaksi penjualan dengan teknlogi digital, misalnya dengan menggunakan handphone untuk melakukan transaksi. Bukann hanya itu,  banyak pula orang desa yang melakukan bisnis online dengan memanfaatkan jaringan internet. 

 Bisnis online bagi masyarakat bisa di katakan t sangat menguntungkan, karena kita bisa promosi besar-besaran hanya lewat blog maupun lewat sosial media secara gratis. Dengan kendala transportasi yang sulit bagi penduduk daerah yang terpencil, mereka  berinovasi untuk memanfaatkan layanan internet yang telah masuk desa dengan teknologi digital dalam melakukan bisnis. Sehingga mempermudahkan masyarakat untuk melakukan bisnis dalam area yang cukup luas.  Bayangkan saja bila hanya menggunakan teknologi manual, untuk melakukan bisnis saja kita membutuhkan transportasi yang tentu saja untuk jalur pedesaan sulit dijangkau. Belum lagi area bisnis kita yang tidak bisa luas. Nah, kalau kita memanfaatkan teknologi, tentu saja lain rasanya.

Banyak pula sekarang peralatan kebutuhan petani yang dijual secara online. Misanya saja menjual pestisida, pupuk, mesin pertanian dan lain sebagainya. Hal inilah yang mempermudah petani untuk mendapatkan pelayanan. Bukan hanya itu, penjualan hasil pertanian pun sudah banyak yang dijual  menggunakan teknologi digital, misalnya dengan telepon ke konsumen, lewat internet atau masih banyak lagi. Makanya, jangan meremahkan petani, petani pun kenal dengang bisnis online.

Bukan hanya orang kota saja yang memulai bisnis dengan teknologi digital, masyarakat pedesaan pun telah berani memulai bisnis dengan teknologi digital. Apalagi didukung dari manfaat serta kemudahan yang didapat. 

Catatan:
Artikel dengan Judul “Orang Desa Berani Melek Digital untuk Startup Business” diikut sertakan dalam lomba  http://duniaaxis.co.id/2012/10/15/indonesia-melek-digital/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar