Laman

Sabtu, Mei 26, 2012

Bahaya Hp China

Tentu anda sudah pernah mendengar tentang ponsel cina, kadang disebut juga ponsel lokal…., akhir-akhir ini memang banyak iklan tentang ponsel cina beredar di media-media.
Apa sih yang ada dibenak anda saat mendengar istilah ponsel cina?
Hahaha.... tapi anda perlu ketahui fakta-fakta tentang handphone china
Pertama-tama  lihat keuntungan dari Hp China :

1.      Kebanyakan hape ini dapat Anda beli di bawah satu juta, bahkan ada hape yang dijual hanya Rp 150 ribu pada saat masih promosi. Kisaran harga pasaran yaitu Rp 199.000 – Rp 900.000.
2.      Bisa menggunakan 2 kartu SIM, bahkan ada yang sampai 4 kartu SIM. Hampir semua hape lokal ini mempunyai minimal 2 slot untuk kartu SIM. Ada yang 3 kartu, GSM – GSM – CDMA seperti Blueberry 8800, Redberry 9900, dan Nexian NX-271D
3.      Selain murah, yang tentunya menarik minat banyak pembeli adalah fitur hape yang lengkap dan canggih. Fitur yang terdapat pada hape lokal ini lebih variatif jika dibandingkan dengan hape bermerk. Contohnya, Blueberry 8800, Nexian Speed 3G.
4.      Memiliki desain yang mirip dengan merk terkenal seperti Beyond C3 dan Dezzo d388I mirip dengan Nokia C3 dan banyak model yang bagus.
5.      Beberapa hape merk tertentu memiliki bodi yang kokoh dan tidak terkesan murahan.
6.      Produk handphone ini biasanya memberikan memori dengan kapasitas besar.

Tapi tahukah bahwa ponsel  China tidak satupun mencantumkan nilai SAR, atau yang lebih dikenal sebagai tingkat radiasi ponsel. Padahal nilai SAR itu adalah standar keamanan internasional terkait radiasi ponsel, dimana kita sering mendengar adanya dugaan bahwa radiasi ponsel bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker. Memang ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa radiasi ponsel tidak berbahaya, tapi ada juga sedikit penelitian yang menyatakan bahayanya radiasi ponsel.

Di balik semua kecanggihan dan manfaat yang didapat dari handphone, ternyata terdapat dampak negatif yang dapat merugikan penggunanya. Beberapa hasil penelitian tentang radiasi handphone (taken from “ELECTRICAL SENSITIVITY”nya Prof. Dr.dr.anies, M.Kes,PKK ) yaitu sebagai berikut:
  • Penelitian di Finlandia, radiasi elektromagnetik telepon seluler selama 1 jam mempengaruhi produksi protein pada sel. Meskipun tdk harus membahayakan kesehatan, ttpi jika terjadi pd sel otak dpt berakibat fatal
  • Laporan dari European Journal of Cancer Prevention Augst 02 menyatakan pengugnaan HP lebih rentan bagi timbulnya kanker orak daripada tdk pernah menggunakannya sama sekali
  • ICNIRP (International Comission on Non Ionizing Radiation Protection) dan FCC (Federal Communication Commision) menyatakan telepon seluler aman, meskipun wajib bagi produsen mencantumkan tingkat pajanan radiasi SAR (Spesific Absorption Rate) pada buku manualnya.
  • Meskipun emisi telepon seluler sangat kecil, apabia berada di dekat kepala selama beberapa menit dpt menaikan suhu di sel-sel otak sekitar 0,1 derajat C.
Berikut bahaya dari radiasi handphone :
o Memanaskan Otak dan Kulit
o Risiko Terkena Kanker
o Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh dan DNA
o Bayi Cacat
o Peningkatan Tekanan Darah
o Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s
o Jantung dan Batu Ginjal
o Penurunan Gairah Sex, Rasa Terbakar dan Kelelahan
o Racun Dari Tambalan Gigi
o Sakit Kepala,  Pusing-Pusing, Kehilangan Konsentrasi

Untuk itu ada beberapa tips untuk mengurangi radiasi pada handphone :  
  1. Gunakan handsfree untuk menelpon dalam waktu lama  
  2. Jangan tempelkan ponsel hanya pada satu telinga, pindahkan secara bergantian setiap 1-2 menit
  3. Jangan tempelkan ponsel ke telinga sebelum panggilan tersambung
  4. Minimalkan penggunaan ponsel di tenpat tertutup berbahan logam, seperti mobil atau lift 
  5. Jangan menggantung ponsel di leher, karena dapat mengganggu fungsi jantung
  6. Jangan menelpon sambil mondar-mandir
  7. Minimalkan penggunakan ponsel ketika sinyal lemah atau hanya 1 bar
  8. Belilah ponsel dengan level SAR (Specific Absorption Rate) yang rendah
Sebagai tips tambahan, usahakan untuk tidak menerima atau menelepon saat mengemudikan kendaraan bermotor. Karena menurut catatan kepolisian banyak juga kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh penggunaan ponsel saat mengemudi. Kalaupun terpaksa harus menerima atau menelpon saat mengemudi, ushakan untuk tetap konsentrasi dan fokus dalam mengendarai kendaraan Anda. Karena kalau kehilangan sedikit saja konsentrasi, maka taruhannya adalah nyawa anda sendiri dan nyawa orang lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar