Laman

Senin, September 26, 2011

Pengertian Pencemaran


Pencemaran Kimiawi
Pencemaran Kimiawi adalah pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia. Misalnya,jenis-jenis logam berat yang terdapat dalam limbah pabik seperti raksa dan timbal. Limbah adalah sisa proses sisa produksi.

Pencemaran Fisik
Pencemaran Fisik adalah pencemaran yang disebabkan zat cair, padat, dan gas. Zat cair yang menyebabkan pencemaran, misalnya sampah. Gas yang menyebabkan pencemaran, misalnya asap dari pabrik. 

Pencemaran Biologis
Pencemaran Biologis adalah pencemaran yang disebabkan oleh berbagai macam mikro organisme penyebab penyakit. Berdasarkan lingkungan yang terkena pencemaran maka pencemaran lingkungan dibedakan menjadi tiga, yaitu pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah.

Pencemaran Air
Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat atau komponen lainnya kedalam lingkungan perairan sehingga kualitas (mutu) air terganggu. Air merupakan kebutuhan vital bagi makhluk hidup. Contohnya:

· Limbah Industri. (limbah pabik) yang mengandung logam berat sering kali dialirkan atau dibuang ke sungai. Akibat dari pembuangan limbanh ini, sungai menjadi tercemar. Jenis-jenis logam berat yang terdapat dalam limbah industri antara lain: raksa, timbale, dan cadmium. Logam berat tersebut merupakan bahan pencemar yang sangat berbahaya bagi manusia.

· Limbah Pertanian. Penggunaan pupuk yang berlebihan di lahan pertanian dapat menyebabkan suburnya ekosistem perairan seperti kolam, danau, waduk, atau sungai.

· Limbah Rumah Tangga. Rumah tangga menghasilkan limbah, misalnya sampah dan air buangan yang mengandung detergen. Limbah rumah tangga dalam jumlah banyak yang masuk ke dalam perairan akan menyebabkan ekosistem perairan tersebut tercemar.

· Limbah Minyak. Limbah minyak dapat menyebabkan pencemaran laut. Laut merupakan jalur lalu lintas kapal yang ramai. Oleh karena itu, sering kali bahan bakar minyak dan pelumas dari kapal tumpah ke laut. 

Pencemaran Udara
Pencemaran Udara adalah peristiwa masuknya zat, energi, atau komponen lainnya kedalam lingkungan udara. Akibatnya, kualitas udara menurun sehingga mengganggu kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Bahan-bahan pencemar udara yang merugikan kesehatan antara lain adalah karbon dioksida, kabon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, nitrogen oksida, CFC (chloroflurocarbon), dan asap. Contohnya:


· Karbon dioksida (CO2). Karbon dioksida dilepaskan oleh hasil pembakaran bahan bakar fosil, misalnya minyak bumi. Karbon dioksida juga dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan bermotor dan kebakaran hutan.
· Karbon Monoksida (CO). Karbon monoksida dilepaskan oleh hasil pembakaran kendaraan bermotor.
· CFC (Chlorofluorocarbon). CFC sering digunakan untuk AC, aerosol (misalnya penyemprot rambut, obat nyamuk semprot), dan lemari es.
· Asap. Asap dapat ditimbulkan, oleh kebakaran hutan, pembakaran hutan untuk lahan pertanian, atau kebakaran ladang minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar